PROPOSAL RADIO TALKSHOW

Proposal Program Talkshow Radio

  1. A.     Latar Belakang

Saat ini,merupakan era informasi digital. Media massa eletronik merupakan tempat yang paling cocok untuk melakukan penyebaran informasi interaktif. Kegiatan talkshow yang berkaitan dengan launching program memerlukan media informasi yang interaktif, dengan effect yang tidak delayed, dengan kemasan informasi yang dibutuhkan masyarakat, dan dibutuhkan/sesuai dengan media massa itu sendiri.

 

Media massa, merupakan sasaran dari launching dan informasi yang ingin disebarkan secara luas dan umum dari program talkshow. Mengingat pasar dari produk telah sampai di beberapa pulau di Indonesia. Oleh karena itu produk My Hijab memerlukan media massa lokal yang bisa dijangkau secara nasional. Radio dipilih karena sampai saat ini radio masih gandrungi oleh banyak orang, kehadirannya dalam berkompetisi dengan media lain, tetap digunakan oleh pasarnya dengan karakter radio yang bersejarah dan bisa didengarkan dimana saja dan dengan gadget apapun.

 

MyHijab perlu menyentuh semua publiknya baik dari sisi audio maupun visual. Sisi audio yang selalu update dan adaptif ada pada radio, yang akan menunjang program talkshow radio, ditunjang dengan pemilihan radio yang tepat kegiatan ini akan menyentuh tepat pada sasaranya dan sangat efektif.

  1. B.     Browsing Radio

Segmentasi dari produk kami adalah perempuan muslim, khusunya yang menggunakan hijab dalam kesehariannya. Segmentasi informasi yang ingin kami sampaikan yaitu mengenai pesona kecantikkan Hijab trend masa kini, oleh karena itu radio yang dipilih harusnya memenuhi kriteria audience kami yaitu  kamu perempuan, lebih khusus lagi perempuan usia remaja-dewasa, 16-35 tahun. Sehingga terdapat list-list radio sebagai berikut;

–          Female Radio (97.7 FM).

–          Women Radio (94.3 FM)

Setelah dipikirkan kembali, yang paling cocok untuk program publisitas kali ini adalah, Female Radio, sebagai media massa radio dengan pendengar utama adalah perempuan, segmentasi pedenger remaja dewasa (female) dan memilki program khusus untuk perempuan dengan taglinenya “Fresh Style with Soul” yang sangat cocok dengan tema dan pembahasan talkshow  yang mengangkat style fashion hijab 2013, serta gaya bahasa Female Radio yang lebih ringan, segar dan interaktif.

 

  1. C.      Konsep Talkshow

Talkshow merupakan media publisitas untuk trend hijab yang dikeluarkan oleh PT. My Hijab selama tahun 2013 berdasarkan trend warna pasar fashion dunia. talkshow berbentuk komunikasi interaktif, untuk menjalin hubungan langsung dengan konsumen (tidak ada efek delay), selain itu sebagai saran informative tentang dunia perkembangan hijab. Memberikan informasi trick dan tips dalam menggunakan hijab sebagai pakaian sehari-hari. Untuk membentuk komunikasi yang interkatif, dalam acara talkshow ini akan ada Kuis Interaktif, yaitu tanggapan dan pendapat (jawaban) tentang materi talkshow.

Selain berfungsi sebagai media informasi dan komunikasi, talkshow ini juga berfungsi sebagai sarana apresiasi terhadap konsumen dan perusahaan-perusahaan yang pernah bekerja sama dengan PT. My Hijab, sehingga dalam talkshow ini akan ada hadiah untuk setiap pendengar yang bertanya atau memberikan tanggapan dan kenang-kenangan berupa plakat kepada pihak Female radio sebagai media massa yang dipilih oleh My Hijab, dengan harapan ada relasi yang baik kedepannya. Hadiah untuk kuis interkatif, dan pertanyaan berupa produk, alas an menggunakan produk yaitu sebagai sarana publisitas, advertising, marketing berupa merchandise kepada konsumen.

 

 

 

 

  1. D.     Tema :

“ Building Beauty by respect your Beauty ”

 

Tema ini diangkat untuk memberikan motivasi bagi pengguna hijab agar tetap stylish dan istiqomah dalam menggunakan hijab dan sebagai wadah yang memperkenalkan trend warna hijab dan hijab tahun 2013. Kami percaya, hijab dapat menghadirkan kecantikkan tersendiri bagi wanita muslimah, ia bersinar, karena kemuslimahannya dalam menjalan perintah agama, dan mempesona karena keindahaan yang dihadirkannya. Butuh lebih sekedar pengetahuan dari fashion hijab untuk menyentuh, dan menginspirasi.

Oleh karena itu, My Hijab tidak sekedar memberikan rangkaian fashion hijab untuk para muslimah, tapi juga sebuah keyakinan, keyakinan bahwa seorang muslimah yang menggunakan hijab tidak untuk kehilangan keindahan dan kecantikkan yang dimilikinya, melainkan untuk tampil berkarakter, cerdas, anggun dan mempesona dengan tetap menunjukkan kemuslimahannya melalui Hijab.

 

  1. E.      Publik sasaran :

Sesuai dengan konsumen produk yang sudah sangat segmented dari sisi gender, dan tema yang diangkat mengenai dunia kecantikkan dalam berhijab, ditunjang dengan pemilihan radio dengan segment adalah perempuan Female Radio, sehingga public sasaran yang dituju adalah sebagai berikut:

Usia

Usia 16-40 tahun.

Psikologi

Remaja – Dewasa.

Geograpich

Jakarta (on Air) – Indonesia (off line, via Internet)

 

  1. F.      Tempat, Tanggal dan waktu

Tempat

Jl. Adityawarman No.71 Kebayoran Baru Jakarta.

Tanggal

Minggu, 6 Januari 2013.

Waktu

Brieffing               : 07.30-08.00 WIB.

Talkshow             : 08.00-08.50 WIB.

 

  1. G.     Durasi :

50 Menit Talkshow, dan 3menit x 10 kali pemutaram jingle talkshow.

 

  1. H.    Pembawa Materi

Head of Branding development program PT. My Hijab.

Elvira Saraswati

Ambassador My Hijab

Oki Setiana Dewi (Aktris, Penulis, dan Penyanyi)

 

  1. I.       Host

“Dj Dina Mawar” (penyiar radio Female radio)

 

  1. J.        Daftar Pertanyaan dan Jawaban

Adapun pertanyaan yang akan diberikan kepada pemateri

  1. Apa arti cantik bagi seorang muslimah? Bagaimana Islam memandang keindahan dari seorang perempuan?
  2. Apa saja yang harus diperhatikan seorang perempuan saat berpenampilan, khusunya saat menggunakan hijab? Fashion hijab seperti apa ditahun ini yang akan berkembang?
  3. Bagaimana cara mengoptimalkan, menampilkan dan menghormati kecantikkan oleh kaum perempuan itu sendiri?

Jawaban pembicara

  1. Memberikan pandangan bahwa Islam menyukai keindahan, untuk itu tidak ada batasan dalam berkreativitas dalam menggunakan hijab. Islam memberikan batasan-batasan dalam berpenampilan karena ada sisi positive yaitu untuk melindungi keindahan dari perempuan itu sendiri.
  2. Memberikan gambaran tentang trend warna dan trend gaya, style, fashion hijan yang berkembang mengarah pada sample produk yang akan dikeluarkan pada tahun 2013. Memberikan tips dan trick dalam berhijab yang ditawarkan oleh produk My Hijab.
  3. Memberikan penjelasan, bahwa cantik itu datang dari dalam dan dari luar, terkadang perempuan mengabaikan kecantikkan yang dimilikinya, dibutuhkan sikap percaya diri dalam berpenampilan, selain itu hijab merupakan penghormatan bagi wanita itu sendiri, dengan menghormati kecantikkan yang dikarunia kepada kaum perempuan sudah sepatutnya kita menjaga, mengoptimlkan, dan menjaganya, hijab adalah cara terbaik dalam menghormati kecantikkan yang telah disyariatkan dalam ajaran islam. Memberikan inspirasi dan motivasi untuk percaya diri, tampil dengan hijab.

Pertanyaan untuk Kuis Interaktif

“sebutkan produk-produk hijab My Hijab yang akan diluncurkan selama tahun 2013?”

Jawaban untuk Kuis Interaktif

–          Violet Glory                                        – Preety Flower

–          City Chic                                             – Blushing Bride

–          Holiday Spree                                                Dua Jawaban terbia, menjadi pemenang.

  1. K.     Quadran Acara

I

Pembukaan

–          Pemutaran Jingle Produk Perusahaan (30s)

–          Pemutaran Jingle dan tagline acara talkshow (30s)

–          Perkenalan host (1menit)

–          Perkenalan pembicara (1menit)

–          Perkenalan dan penjelasan topic (2menit)

II

Pembahasan Tema

–          Host memberikan pertanyaan no.1, langsung dijawab oleh pembicara . (5menit)

–          Pemutaran satu buah lagu (3menit)

–          Host memberikan pertanyaan no.2, langsung dijawab oleh pembicara. (5menit)

–          Host memberikan pertanyaan no.3, langsung dijawab oleh pembicara. (5menit)

III

Sesi Tanya Jawab

–          Sesi Tanya jawab 1 (3m)

Penelpon satu memberikan pertanyaan

Dijawab langsung oleh pembicara.

–          Pemutaran satu buah lagu (4m)

–          Sesi Tanya jawab 2 (3m)

Penelpon kedua memberikan pertanyaan

Dijawab langsung oleh pembicara.

IV

Kuis Interaktif, dan penutup

–          Kuis Interaktif,

Penelpon pertama (2m)

Penelpon kedua (2m)

Penelpon ketiga (2m)

–          Pengumuman pemenang. (3m)

–          Pembacaan kesimpulan talkshow. (5m)

–          Penutup (3m).

 Ket : m : menit.

 

  1. L.      Rundown

 

Waktu (durasi)

Kegiatan

08.00-08.05 (5m)

Jingle dan tagline acara talkshow, Perkenalanan Host dan pembicara, serta pembacaan dan penjelasan topic.

08.05-08.10 (5m)

Host membuka perbincangan, memberikan pertanyaan I.

Langsung dijawab oleh pembicara.

08.10-08.13 (3m)

Pemutaran satu buah lagu.

08.13-08.18 (5m)

Pertanyaan ke dua.

08.18-08.23 (5m)

Pertanyaan ke tiga.

08.23-08.26 (3m)

Diskusi terbuka, sesi Tanya jawab dengan pendengar I

08.26-08.30 (4m)

Jingle, pemutaran satu buah lagu.

08.30-08.33 (3m)

Diskusi terbuka, sesi Tanya jawab dengan pendengar II

08.33-08.40 (7m)

Kuis Interkatif.

08.40-08.50 (10m)

Pembacaan pemenang kuis, kesimpulan pembahasan talkshow, sekaligus penutup.

 

  1. M.   Timeline

No

Kegiatan

Desember

Januari

I

II

III

IV

I

II

III

IV

1.

Publikasi di Media Sosial

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

Penyebaran Poster

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

Pemutaran Jingle

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

Acara Talkshow

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. N.     Budgeting

Acara

Nama Barang/ Jasa

Harga

Jumlah

Total

Program Talkshow

Rp 4.000.000,-

45 Menit

Rp 7.000.000,-

 Iklan (pemutaran Jingle)

Rp       50.000,-

10

Rp     500.000,-

Hadiah Kuis Interkatif

Ket : Produk Sendiri.

Rp       75.000,-

4

Rp     300.000,- (Free)

Hadiah Bagi yang bertanya,

Ket : Produk Sendiri.

Rp       75.000,-

3

Rp     225.000,- (Free)

Cintramata untuk Radio

Rp    100.000,-

1

Rp     100.000,-

Total

 

Rp 7.600.000,-

           

 

Humas

Barang

Harga

Jumlah

Total

Proposal

Rp    20.000,-

5

Rp    100.000,-

LPJ

Rp    20.000,-

5

Rp    100.000,-

Pulsa

Rp 100.000,-

1

Rp    100.000,-

Transportasi (bensin)

Rp 250.000,-

1

Rp    250.000,-

Cetak X-Banner

Rp 250.000,-

1

Rp    250.000,-

Cetak Poster

Rp     3.000,-

300

Rp    900.000 ,-

Total

 

Rp 1.700.000,-

 

Dokumentasi

Barang

Harga

Jumlah

Total

Cetak Photo (untuk di LPJ)

Ket : Printer, Tinta, dan kertas, Asset perusahaan.

Rp          2.000,-

5

Rp      10.000,- (Free)

Kaset rekaman

Rp       20.000,-

2

Rp      40.000,-

Kamera

Ket : Asset Perusahaan

Rp 8.000.000,-

1

Rp 8.000.000,- (Free)

Total

 

Rp      40.000,-

 

 

Total Biaya

Kebutuhan divisi

Biaya

Acara

Rp 7.600.000,-

Humas

Rp 1.700.000,-

Dokumentasi

Rp       40.000,-

Total keseluruhan

Rp 9.340.000,-

 

  1. O.     Indikator Keberhasilan
  2. Didengar oleh lebih dari 1000 pendengar dari seluruh Indonesia.
  3. Produk baru My Hijab dikenal di masyarakat
  4. Perusahaan My Hijab semakin dikenal di masyarakat.
  5. Terjalin hubungan yang baik dengan pihak media massa radio.

 

  1. P.     Penutup

Demikianlah proposal ini diajukan, semoga kegiatan ini mendapat berjalan dengan sempurna dan mendapat dukungan dari berbagai pihak. Atas perhatiannya diucapkan terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s